APA ITU ODA?
Kebijakan Jepang ttg ODA
PROYEK ODA & INVESTASI
Proyek Jepang yg Bermasalah
STATEMENT
Pernyataan Sikap dari NGO
LINKS
Situs2 Penting utk Advokasi
ABOUT NINDJA
Please Contuct Us
1-32-2-101 Kamisoshigaya Setagaya Tokyo 157-0065 Japan
Fax: +81-3-5313-4470
SMS: +62-811-683996
oda (a) nindja.org
http://www.nindja.com/ (dalam bahasa Jepang)
MAIN MENU
SEARCH
LOG IN
ユーザ名:

パスワード:


パスワード紛失

新規登録
PROYEK ODA & INVESTASI
2. Jawa : KOREA SELATAN KEMUNGKINAN AKAN MEMBIAYAI PROYEK BENDUNGAN DI INDONESIA
投稿者: NINDJA 投稿日時: 2007-4-28 16:01:00 (3270 ヒット)

Korea Selatan kemungkinan akan membiayai proyek bendungan di Indonesia

Yuki (NINDJA), 28 April 2007

Seperti diuraikan di dalam dua berita “TEMPO Interaktif” tertanggal 25 April 2007 di bawah ini, pemerintah Indonesia sedang menegosiasi pemerintah Korea Selatan (Korsel) agar mendapatkan dana pinjaman untuk proyek bendungan Karian di Lebak, Banten. Jika pemerintah Korsel menerima usulan dari pemerintah Indonesia, ini menjadi kasus pertama bagi pemerintah Korsel untuk memberikan dana pinjaman kepada proyek bendungan di Indonesia melalui bantuan pembangunan resmi (ODA).

Menurut informasi yang kami dapat, pihak Korsel sedang mempertimbangkan untuk membiayai proyek bendungan tersebut karena ada kekhawatiran mereka, akan terjadi masalah dampak lingkungan, terutama masalah pemindahan penduduk.
Saat ini pemerintah Korsel memperbesar anggaran ODA dengan memprioritaskan tiga bidang yaitu, teknologi informasi, sarana transportasi, dan sumber daya air. Dengan demikian ada kemungkinan proyek –proyek bendungan di Indonesia akan lebih banyak lagi dibiayai dari ODA Korsel.

-----
http://www.tempointeraktif.com/hg/ekbis/2007/04/25/brk,20070425-98738,id.html

Dana Bendungan Karian Pinjam ke Korea

TEMPO Interaktif, 25 April 2007

TEMPO Interaktif, Jakarta:
Pemerintah akan meminjam dana sebesar US$ 150 juta kepada pemerintah Korea Selatan. Utang sekitar Rp 1,4 triliun ini akan digunakan untuk pembangunan bendungan Karian di Lebak, Banten.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Departemen Pekerjaan Umum Siswoko memaparkan, proyek itu terbagi menjadi dua, yaitu pembangunan bendungan dan suplai air. “Pinjaman itu hanya untuk bendungan saja dan sekarang masih diproses oleh Korea,” ujar dia di Jakarta, Rabu (25/4).

Menurut dia, pembangunan bangunan suplai air dengan pipa tertutup akan dikerjasamakan dengan pihak swasta. Kepala Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum, Rahmat Karnadi pun, kata dia, sangat tertarik dengan proyek ini.

Siswoko mengatakan, meski detail engineering design (DED) Waduk Karian telah selesai, saat ini masih ditunggu hasil studi dari balai besar yang akan selesai tahun ini. “Semua aspek akan dipelajari, termasuk pola realokasi penduduk,” ujarnya. Sebab, lanjut dia, rencana pembebasan lahan harus mengikuti hasil studi itu.

RIEKA RAHADIANA

-----
http://www.tempointeraktif.com/hg/ekbis/2007/04/25/brk,20070425-98800,id.html

Rencana Pinjaman ke Korea Baru Usulan

TEMPO Interaktif, 25 April 2007

TEMPO Interaktif, Jakarta:Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Departemen Keuangan Rahmat Waluyanto menyatakan rencana pinjaman ke Korea Selatan itu baru merupakan usul.

"Apabila telah dinegosiasikan dan ditandatangani, baru dapat dianggarkan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara," kata Rahmat.

Utang tersebut, kata dia, sifatnya pinjaman proyek yang lunak dan dilakukan dengan skema government to government. Utang tersebut memang tidak termasuk dalam pos utang luar negeri untuk pembiayaan proyek senilai Rp 24 triliun yang sudah dianggarkan tahun ini.

Seperti diketahui, pemerintah berencana akan meminjam dana US$ 150 juta kepada pemerintah Korea Selatan. Utang sekitar Rp 1,4 triliun itu akan digunakan untuk pembangunan Bendungan Karian di Lebak, Banten.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Departemen Pekerjaan Umum Siswoko mengungkapkan rencana tersebut. Menurut dia, proyek itu terbagi menjadi dua, yaitu pembangunan bendungan dan proyek suplai air. "Pinjaman itu hanya untuk bendungan dan sekarang masih diproses oleh Korea," ujar Siswoko.

Anton Aprianto

印刷用ページ このニュースを友達に送る
 
投稿された内容の著作権はコメントの投稿者に帰属します。