KRONOLOGIS KASUS PETANI JERUK SIOMPU PROYEK BANTUN JBIC JEPANG

投稿日時 2007-6-1 21:23:00 | トピック: 5. Sulawesi

Kami terima laporan tentang proyek bermasalah yang dibiayai oleh JBIC.

Silakan download kronologis lengkap yang dibuat Lembaga Suaka Alam Indonesia.
Dear Nindja,

Pada Tahun 1998 - 2001, Pemerintah Jepang melalui project OECF - JBIC memberikan bantuan untuk project pengembangan jeruk siompu di Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Total Bantuan mencapai Rp. 13 Milyar. Project tersebut ditangani oleh Departemen Pertanian. Project yang melibatkan sekitar 756 Kepala Keluarga dengan lahan project seluas 500 ha serta total bantuan bibit sebanyak 200.000 pohon mengalami kegagalan total.

Saat ini para petani mengalami trauma, kehilangan mata pencaharian disebabkan karena lahan-lahan yang tadinya digunakan untuk penanaman komoditas yang mendukung kebutuhan sehari-hari mereka harus ditebang karena adanya harapan tentang keberhasilan pengembangan jeruk ini. Penyebab utama kegagalan project ini adalah karena :

1. Bibit yang seharusnya menggunakan klon batas atas jeruk siompu tidak digunakan, penggunakan klon batang atas ini dikarenakan menggunakan sistem okulasi

2. Sistem pengairan yang tidak efektif, sebab pipa air sepanijang pelaksanaan proyek tidak pernah beres, hal ini terjadi karena diameter pipa tidak sebanding dengan volume air yang mengalir sehingga terjadi kerusakan/pecah

3. Sejak awal proses pelaksanaan project, para petani tidak pernah dilibatkan secara partisipatif

Gugatan ganti rugi serta pengusutan project sampai saat ini tidak pernah selesai, kasusnya mandeg di Polda sulawesi tenggara.

Kami sangat mengharapkan agar pihak JBIC-Jepang melakukan monitoring dan evaluasi terhadap proyek ini secara langsung dilapangan, bukti-bukti kegagalan proyek dalam bentuk fisik sampai saat ini masih dipelihara oleh petani dengan harapan dikemudian hari, project tersebut dapat dievaluasi secara tuntas oleh pihak yang berkompeten dalam hal ini pemberi project sehingga bantuan yang seharusnya memberikan manfaat kepada petani justru melahirkan penderitaan baru dalam bentuk kemiskinan.

hormat kami,

Asman Saelan
pendamping petani




NINDJAにて更に多くのニュース記事をよむことができます
http://www.nindja.org

このニュース記事が掲載されているURL:
http://www.nindja.org/article.php?storyid=17